Fruity Strawberry Heart
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Wednesday, March 9, 2011

JODOH DALAM PANDANGAN ISLAM

Allah swt berfirman dalam QS : Ar Ruum : 21       

Dan  di  antara  tanda-tanda  kekuasaan-Nya  ialah  Dia menciptakan  untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya  kamu  cenderung  dan merasa tenteram kepadanya, dan  dijadikan-Nya  di  antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya   pada   yang   demikian  itu  benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.                                                                                

Sudah  menjadi sunatullah bahwa Allah menciptakan semua makhluknya berpasang-pasangan  dan semua manusia pasti ada   jodohnya  tergantung ikhtiar  dari  manusia itu sendiri ataupun takdir Allah. Karena setiap takdir itu ada yang  mutlak (sudah menjadi ketentuan Allah), kita sebagai  manusia  hanya  bisa menerimanya dan satu lagi adalah  takdir  ikhtiari  yaitu takdir yang memang bisa diperoleh   dengan   jalan   ikhtiar  atau  usaha yang sungguh-sungguh                                                                                                               

Ikhtiar yang bisa dilakukan oleh seorang Muslimah dalam mencari jodoh :                                     

1.       
Berdoa kepada Allah agar diberikan jodoh yang baik, misalnya dengan shalat hajat. Allah  telah berjanji dalam firmannya bahwa Muslim yang baik  akan mendapatkan Muslimah yang baik dan laki-laki yang  buruk  akan  mendapatkan wanita yang buruk pula, maka tugas seorang muslimah adalah berusaha  untuk menjadi   Muslimah yang baik,   berikhtiar  dengan sungguh-sungguh dan berdoa kepada  Allah agar mendapatkan  jodoh  yang  baik  dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Wanita-wanita  yang  keji  adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang  keji  (pula),  dan wanita-wanita yang baik adalah untuk  laki-laki  yang  baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…..(QS : An Nuur : 26)                                

2.       
Meminta  kepada orang tua/wali untuk dicarikan jodoh yang baik. Dalam  Islam sebenarnya  masalah  jodoh  bagi muslimah bukanlah  menjadi  tanggung  jawab diri sendiri tetapi menjadi  tanggung jawab orang tua ataupun wali.

Bahkan pada  masa  Rasulullah saw, pemerintah bertanggungjawab untuk mencarikan  jodoh bagi muslim dan muslimah pada masanya.  Sehingga seorang muslimah tidak perlu mencari sendiri  jodoh  untuk dirinya. Pendekatan/khalwat yang dilakukan sebelum ikatan pernikahan dengan alasan untuk saling  mengenal antara keduanya tidaklah sesuai dengan nilai-nilai  Islam. Bahkan pendekatan ini tidak selalu menjamin  menjadi  rumah  tangga  yang  langgeng karena biasanya pendekatan  yang dilakukan sebelum pernikahan lebih mengedepankan sisi subjektivitas antara keduanya.                                                                        

3.       
Melalui  mediator misalnya teman, saudara atau orang lain yang dapat dipercaya. Dan  kawinkanlah  orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang  layak  (berkawin)  dari hamba-hamba   sahayamu   yang  lelaki  dan hamba-hamba sahayamu  yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan  mereka  dengan  kurnia-Nya.  Dan Allah Maha luas   (pemberian-Nya)   lagi   Maha  Mengetahui. Dan orang-orang  yang  tidak  mampu kawin hendaklah menjaga kesucian  (diri)  nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya. …(An Nuur : 32-33)                                                         

4.       
Mencari  sendiri  dengan  syarat  tidak  boleh langsung tetapi bersama pihak ketiga Rasulullah saw   permah   memberikan  kriteria  untuk menentukan   pilihan   pasangan   hidup   bagi  seorang muslim/ah  yang  apabila dilaksanakan insya Allah rumah tangga   Sakinah   mawaadah  warahmah  akan  dirasakan, Amin…                                                

Apabila  datang  laki-laki  (untuk meminang) yang kamu ridhoi agamanya dan akhlaknya maka kawinkanlah dia, dan bila  tidak  kamu  lakukan  akan terjadi fitnah di muka bumi  dan  kerusakan  yang  meluas. (HR. Tirmidzi dan Ahmad) à 
untuk muslimah                                                                                                  

Wanita  dinikahi  karena  empat  faktor,  yakni karena harta    kekayaannya,   karena   kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu. (HR. Muslim) à
untuk muslim                                                                                                               

5.       
Jangan putus asa…. Jodoh  adalah masalah ghoib yang menjadi rahasia Allah, sebagai  manusia  hanya  bisa  berikhtiar  dan berdoa. Bagi  muslimah  yang belum  mendapatkan  jodoh jangan berputus  asa,  tetaplah berikhtiar dan berdoa. Sudah menjadi janji Allah bahwa semua  makhluknya  akan berpasang-pasangan. Hanya  Allah yang maha tahu kapan waktu   yang  tepat  untuk  jodoh kita masing-masing. Wallahualam bishowwab..
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Yahoo
Feed

0 comments: